"TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA "HIDUP BLOGGER" ....... Informasi, artikel dan berita dalam blog ini saya ambil dari berbagai sumber : blogger, wordpress dan website

Mengamankan Windows Untuk Melawan Trojans

1 · Apa Trojans Itu

Trojans adalah sebuah program yang berjalan di dalam komputer seseorang tanpa diketahui secara pasti kehadirannya oleh sang pemilik, dan juga bisa memberikan semacam akses kepada orang lain untuk menggunakan komputer tersebut dari luar (bila menggunakan internet). Walaupun secara teknisnya trojan bukanlah virus, namun mereka bisa dijadikan menjadi suatu kategori yang sama dari sebuah program malicious (merusak) yang bisa berjalan di dalam komputer tanpa diketahui oleh pemilik atau pengguna komputer itu sendiri.

Ada beberapa tipe dari trojans, dan dari semuanya itu biasanya mereka memberikan akses kepada seseorang yang tidak kita kenal untuk menggunakan komputer kita melewati jaringan dimana komputer relasi kita berada: menjalankan program di dalam komputer anda, atau meng-akses data yang ada di dalam hard disk komputer anda.

2 · Mengapa anda harus peduli tentang hal tersebut
Teknologi Kabel dan DSL adalah sebuah teknologi yang sangat unik karena mereka bisa memberikan akses kecepatan yang tinggi, dan bisa selalu tetap online kepada setiap PC di rumah anda. Namun akibat dari hubungan yang selalu online dari sifat teknologi Kabel/DSL tersebut yang mengakibatkan setiap crackers mengambil kesempatan untuk mencari celah agar mereka bisa memasuki komputer seseorang. Jika anda tidak hati-hati dalam hal ini, mereka bisa mengkontrol komputer anda secara remote (kontrol dari luar), mencuri data anda dan bisa juga menggunakan komputer anda untuk melakukan kerusakan terhadap komputer yang lain - semuanya itu tanpa sepengetahuan dari anda.

Walaupun jika anda tidak mempunyai koneksi Kabel atau DSL, sebuah trojan di dalam komputer anda bisa melakukan pengambilan beberapa files dari komputer anda dengan tujuan tertentu atau mengakibatkan masalah yang cukup merepotkan bagi anda.

DALnet Exploits Prevention Team melihat bahwa hal ini sebagai suatu 'pembajakan' setiap harinya. Sistem komputer anda telah diserang, nicknames users, passwords dan beberapa data pribadi dicuri dan bandwith mereka (pelanggan ISPs) telah digunakan untuk melakukan penyerangan sistem komputer kepada pelanggan itu sendiri. Dan seperti biasanya ISPs dari beberapa pelanggan yang kurang beruntung menolak untuk percaya bahwa komputer pelanggannya telah di serang oleh orang yang tidak dikenal dan akan tetapi mereka (ISPs) menempatkan kesalahan itu kepada pelanggannya secara jelas-jelas, yaitu dengan cara pemutusan hubungan koneksi atau membatasi service dari ISPs yang bersangkutan.

DALnet Exploits Prevention Team telah berusaha sebisa mungkin untuk mencoba meng-kontrol masalah tersebut apabila terjadi di DALnet, namun dari semuanya itu mereka masih tetap membutuhkan bantuan anda. Setiap trojanisasi komputer adalah merupakan suatu celah jembatan untuk menyerang ke dalam suatu jaringan, dan seseorang yang mempunyai minat yang berbahaya terhadap trojanisasi menggunakannya secara berkala untuk hal yang merugikan dan tujuan lainnya. Penyerangan dilakukan dari komputer yang tidak diketahui asal usulnya, dan sangat sulit sekali bagi DALnet Exploits Prevention Team untuk melakukan pelacakan menuju sumber yang sebenarnya bila tanpa bantuan dari anda terlebih dahulu yaitu dengan cara memeriksa sistem komputer yang anda gunakan.

Namun bagaimanapun juga, sangatlah mudah dan cepat bagi anda untuk menemukan dan membuang sebagian besar dari trojans. Di bawah ini adalah beberapa instruksi mengenai bagaimana, apa yang harus dilakukan oleh anda, dan juga beberapa links menuju paket software yang bisa membantu anda dalam hal ini. Jadi bantulah kami dengan tujuan untuk membantu diri anda sendiri, melalui luangkan waktu anda beberapa menit untuk mengecek sistem komputer anda sendiri secara berkala. Waktu yang diperlukan untuk itu tidak lebih dari 10 menit, dan hasilnya anda menyelamatkan diri anda sendiri dari segala gangguan tersebut dan mengurangi biaya yang potensial mungkin terjadi bagi sistem anda.
3 · Periksa Keamanan System Komputer Anda Selama 10 menit

*

Pertama, pastikan system anda tidak menjalankan program TSR (Terminate Stay Resident) ataupun program autostart lainnya dengan cara restart PC anda dahulu. Download dan jalankan program Trojan scanner - program ini akan menemukan trojans dan membersihkannya bila ada dari semua perangkat system Windows. Shareware untuk masa waktu 30 hari namun sangat berguna sekali dan fungsional, Anda bisa mendapatkannya di http://www.moosoft.com/ karena banyak orang yang sudah menggunakannya dan mungkin program yang paling lengkap dalam hal ini.
*

Kemudian, selalu update virus scanner anda jika jarang sekali di update, maka anda harus menjalankan virus scanner secara menyeluruh (full scan). Virus scanners juga bisa menemukan trojans dan mencegah agar trojans itu tidak sampai ter-install. Dan tentunya juga bisa untuk melindungi komputer anda dari kebanyakan virus yang anda dapat dari internet secara tidak sengaja. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah program antivirus harus selalu di update agar nantinya program itu selalu bisa diandalkan, jadi seringlah mengunjungi homepage resmi daripada pembuat antivirus yang anda gunakan dan dapatkan updatenya secara berkala.

Di bawah ini ada beberapa links yang menuju homepages dari beberapa perusahaan pembuat virus scanners:

McAfee, http://www.mcafee.com/

Norton, http://www.norton.com/

AVP/Central Command, http://www.avp.com/

Trend Micro, http://www.antivirus.com/
*

Dan sekarang, tutuplah semua 'pintu yang terbuka' dalam komputer anda. Kunjungilah http://www.grc.com/ dan cobalah menge-test system komputer anda. Anda mungkin akan menemukan netbios ports yang terbuka, dimana hal itu dapat digunakan untuk menyerang system komputer anda. Ada beberapa instruksi yang bisa anda lihat dalam website tersebut tentang bagaimana caranya menutup lubang keamanan itu.
*

Akhir kata, anda juga bisa mencoba meng-install program desktop firewall. Program ini akan mencegah seseorang untuk meng-akses komputer anda melewati jaringan internet tanpa ijin dan sepengetahuan anda, dan juga mencegah adanya trojans di dalam komputer anda. Ada beberapa daftar listing dan review yang sangat informative tentang apakah pengertian dari firewalls itu, bagaimana cara kerjanya, kapan harus digunakan keuntungan dan kerugian memakai firewalls di http://grc.com/su-firewalls.htm.

ZoneAlarm, di http://www.zonelabs.com/, adalah program gratis yang bisa digunakan secara pribadi dan mudah untuk digunakan.
*

Mudah-mudahan melalui dokumen ini sistem komputer anda telah terbebas dari trojans dan virus, dan sekiranya komputer anda bisa berjalan tanpa adanya gangguan lagi dari hal tersebut.

sumber : docs.dal.net