"TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA "HIDUP BLOGGER" ....... Informasi, artikel dan berita dalam blog ini saya ambil dari berbagai sumber : blogger, wordpress dan website

Komponen komponen Handphone

Didalam perangkat handphone banyak komponen yang digunakanseperti:Transistor, IC (Intergrated Citcuit), Dioda, dan sebagainya.Untuk dapat mengerti bekerjanya rangkaian pada perangkat handphone makaharus dipelajari sifat dari komponen-komponen yang penting. Pada babini akan dibicarakan komponen-komponen yang terdapat pada perangkathandphone secara garis besar dan bekerjanya rangkaian yang penting.

Komponen yang terdapat pada perangkat handphone dapat di klasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu komponen internal dan external

Komponeninternal adalah komponen yang terdapat pada mesin handphone, dimanakomponennya terpasang pada papan PCB (Printed Circuit Board).komponeninternal dapat digolongkan dalam bebrapa golangan yaitu:

Komponen pasif

Yang dimaksud dengan komponen pasif adalahkomponen-komponen elektronika yang tidak dapat menghasilkan tenagaapabila di aliri aliran listrik.
Beberapa contoh komponen yang termasuk pasif adalah: tahanan (Resistor), Kapasitor (kondensator),dan sebagainya.

Resistor

Tahananlistrik dalam bidang elektronika disebut juga resistor atau resistence.Dalam bahasa belanda dikenal dengan nama Werstand.
Tahanan listrikadalah komponen yang paling banyak dipergunakan dalam rangkaianelektronika ,hal ini di sebabkan karena sifat dan fungsi dari tahananitu sendiri.
Besar kecilnya nilai tahanan dapat dinyatakan dengansatuan Ohm atau ditulis dengan huruf latin (omega) dan notasinyaditulis dengan huruf R.
Bentuk fisik dari tahanan adalah seperti pada gambar di bawah ini.



Fungsi dari pemasangan tahanan (resistor) dalam suatu rangkaian adalah:

sebagai pembatasan atau pengatur arus.
Sebagai pengatur tegangan.
Sebagai pembag tegangan.

Kondensator

Sepertihalnya resistor, kondensator adalah termasuk salah satu komponen pasifyang banyak dipergunakan dalam rangkaian elektronika.
Kondensator dalam bidang elektronika disebut juga kapasitor atau condenser.
Kapasitorberasal dari kata Capasitance atau kapasitas yang artinya adalahkemampuan untuk menyimpan aliran listrik untuk sementara waktu.

Besarnya kapasitas dari kondensator dinyatakan dengan satuan farad (F) dan notasinya ditulis dengan huruf capital C.
Nama farad diambil sebagai tanda penghargaan kepada seorang pencipta kondensator yang bernama Michael Faraday.
Dalampraktek biasanya satuan Farad (F) dianggap sangat terlalu besar,sehingga dalam pemakaiannya satuan farad diperkecil menjadi:

Mikro Farad disingkat F
Nano Farad disingkat nF
Piko Farad disingkat pF
Perbandingan satuan-satuan tersebut adalah:

1 Farad (F) = 1.000.000 F (F=mfd)
1 mikro Farad (F) = 1.000 nF
1 nano Farad (nF) = 1.000 pF

Tujuan penggunaan kondensator dalam suatu rangkaian elektronika adalah dengan maksud:

Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lainnya (pada rangkaian Power Supply).
Sebagai filter dalam rangkaian Power Supply.
Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna.
Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila di pasang pada saklar.

Komponen aktif

Yangdimaksud dengan komponen aktif adalah komponen elektronika yang biladialiri aliran listrik atau signal akan menghasilkan tenaga.
Yang termasuk dalam komponen aktif diantaranya adalah: Dioda Semikonduktor, Transisitor, Intergrated Circuit (IC).

Dioda Semikonduktor

Dioadaadalah suatu bahan semikonduktor yang dibuat dari bahan yang disebut PNJuntion yaitu suatu bahan campuran yang terdiri dari bahan positif (Ptype) dan bahan negative (N type).

Bahan positif (P type) adalahbahan campuran yang terdiri dari Germanium atau Silikon denganAluminium yang mempunyai sifat kekurangan electron dan persifat positif.

Bahannegative (N type) adalah bahan campuran yang terdiri dari Germaniumatau Silikon dengan Fosfor yang mempunyai kelebihan electron danbersifat negative.
Apabila kedua bahan tersebut dipertemukan maka akan menjadi komponen aktif yang disebut Dioda.

Padagambar terlihat pada bagian yang terdiri dari bahan P type akanmembentuk kaki yang disebut kaki Anoda dan bagian yang terdiri daribahan N type akan membentuk Katoda. Dari uraian di atas dapat ditarikkesimpulan bahwa dioda adalah komponen yang memiliki 2 buah kakiseperti terlihat pada symbol dibawah ini.



Pada dioda,arus listrik hanya dapat mengalir dari kutub Anoda ke kutub Katodasedangkan arus yang mengalir dari Katoda akan ditahan oleh bahan katoda.
Dengan adanya prinsip seperti ini Dioda dapat dipergunakan sebagai:

Penyearah arus dan tegangan listrik.
Pengamanan arus dan tegangan listrik.
Pemblokir arus dan tegangan listrik.

Transistor

Kalaukita perhatikan hampir dalam setiap rangkaian elektronika masa sekarangini banyak di jumpai satu atau beberapa buah komponen yang bentuknyakecil dan warnanya hitam yang dilengkapi dengan 3 buah kaki. Komponentersebut dinamakan transistor. Transistor tersebut termasuk juga dalamjenis komponen aktif.


Nama transistor berasal dari katatransfer dan resistor, transfer artinya mengalihkan atau membuatperubahan sedangkan resistor adalah suatu bahan yang tidak dapatmenghantarkan arus listrik.

Jadi arti dari transistor adalahmerubah bahan yang tidak dapat menghantarkan aliran listrik menjadibahan penghantar atau setengah penghantar atau disebut juga bahansemikonduktor.

Transisitor pada umumnya dipergunakan sebagai penguat atau amplifier.
Seperti juga halnya dengan dioda, transistor juga dibuat dari bahan germanium, silicon dan indium.

Transistorsendiri sebenarnya adalah hasil pengembangan dari 2 buah dioda jenis PNdan NP yang dipertemukan sehingga akan membentuk atau elektoda yangberfungsi sebagai pengontrol pertemuan antara bahan PN dan NP tersebut.

IC (Intergrated Circuit).

Perkembanganteknologi elektronika telah berkembang dengan pesatnya. Hal iniditandai dengan bermunculannya produk-produk baru yang disebutIntergrated Circuit (IC). Komponen IC tersebut dibentuk dari beberapamacam komponen dirangkai menjadi satu rangkaian yang terintergrasidalam bentuk sebuah chip.
Dengan memasang beberapa buah komponen ICtelah memungkinkan seseorang dapat menciptakan suatu perangkatelektronika yang moderen seperti computer dan yang lainnya.


Sepertiterlihat pada gambar di atas.bentuk fisik dari komponen IC adalah kecildan berwarna hitam yang dibuat dari bahan silicon.
Berbeda dengantransistor, sekalipun bentuknya kecil, IC memiliki banyak kaki.Banyaknya kaki tergantung dari banyaknya komponen yang membentuk ICtersebut.

Fungsi dari IC tentunya akan bermacam-macam tergantung rangkaian yang diintergrasikannya itu. Perkembangan IC Handphone

Perkembanganteknologi Hanphone pada generasi sekarang begitu pesat, sehingga fungsihandphone makin canggih dengan tambahan-tambahan fitur seperti kameradigital, radio, lcd berwarna dengan resolusi tinggi dll.

Padahandphone generasi lama ukurannya begitu besar, padahal belum terdapatfitur-fitur canggih di dalamnya. Mungkin yang kita bayangkan sebelumnyajika handphone di tambah fitur-fitur canggih maka ukuran handphone akanmakin besar.

Dengan kemajuan teknologi semikonduktor yaitu IC(Intergrated Circuit) ukuran Handphone makin kecil padahal terdapattambahan-tambahan fitur didalamnya. Hal tersebut di sebabkan rangkaiansystem handphone sudah banyak yang di gabungkan di dalam satu IC,sehingga sudah tidak lagi membutuhkan tempat yang besar. Akan tetapibila bermasalah pada salah satu system tersebut, maka harus digantikeseluruhannya karena sudah dibuat satu packing.
IC yang paling banyak dipasaran diantaranya:

UEM

Pada ponsel Nokia terdapat IC UEM (Universal elktronik module), pada IC tersebut merupakan gabungan subsistem :


Power supply
Control charging
UI driver
Multy mode converter
Audio amplifier
Eeprom
Booster SIMCard
Dll

Helga dan Mjoiner

Pada ponsel nokia terdapat IC Helga dan Mjoiner, pada IC tersebut merupakan gabungan subsistem:

Processor RF
LNA (low noise Amplifier)

CCONT

IC CCONT terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. pada IC tersebut merupakan gabungan subsistem:

Power Supply
Booster Sim Card

COBBA

ICCOBBA terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. padaIC ini terdapat SubSistem DSP (Digital Signal Proccesor) yang meliputi:

Multy Mode Converter (A/D-D/A Converter)
Audio Proccesor


Hagar

IC Hagar terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. pada IC ini terdapat SubSistem Proccesor RF (Buffer)
Komponen Eksternal

komponenexternal adalah komponen yang terdapat pada handphone, dimanakomponennya terpasang di luar papan PCB (Printed CircuitBoard).komponen external dapat diklasifikasikan dalam beberapa bagian,yaitu:

Komponen UI (User Interface)

Keypad/Keyboard

Keyboard/keypadadalah alat perintah kepada sistem baseband,dimana perintah-perrintahtersebut utnuk meng-input alfanumerik dan grafis, diantaranya:

Tombol on/off
Tombol untuk mengetikan angka, huruf.
Tombol perintah dari pengguna (menu)


Mikrophone

Inputsuara yang di hasilkan oleh suara manusia akan di terima olehmikrophone dimana gelombang suara tersebut akan dirubah menjadigelombang elektromagnetik untuk di teruskan kepada sistem audioprosesor.



Earpeace/ Speakers

Output pada audioproccesor masih berbentuk gelombang elektromagnetik dan akan diteruskan kepada earpiece / speaker untuk di rubah menjadi getaran suarayang akan merambat pada udara agar dapat di dingar oleh telinga manusia.



LCD

Lcdmerupakan alat media informasi yang berbentuk tampilan layar padaponsel.lcd terdapat berbagai macam model, pada ponsel type lama lcdmasih hitam putih dan pada ponsel sekarang sudah berwarna dimana sistempewarnaannyapun berbeda-beda kualitasnya tergantung dari banyaknyawarna yang akan tertampil dan banyaknya sel (pixel).


Buzzer

Alatoutput yang berfungsi untuk mengubah gelombang elektromagnetik yang diberikan oleh baseband menjadi gelombang suara yang merambat pada udaradimana rambatan gelombang tersebut akan terdengar oleh manusia sebagaimusic tandanya telepon masuk atau sms masuk.



Vibrator

Vibratormerupakan motor listrik kecil (dinamo) yang mempunyai bandul yang tidakseimbang,. disaat bandul tersebut berputar dengan cepat, maka akanmenghasilkan getaran lembut yang akan terasa oleh manusia.

LED


Berfungsisebagai penerangan pada layar tampilan (LCD) juga pada keypad. Ledmerupakan dioda yang akan menghasilkan cahaya jika diberi muatanlistrik oleh baseband.


Infra Red


Infrared dapatdifungsikan sebagai media pengiriman data ataupun penerimaan data,prosesnya yaitu dengan menggunakan signal infra merah ponsel dapat dikoneksikan dengan komputer ataupun kepada ponsel lain.

Bluetooth

Bluetoothfungsinya sama dengan inframerah hanya saja pada bluetooth menggunakansistem radio untuk pengiriman ataupun penerimaan data. Kualitasbluetooth lebih baik ke timbang menggunakan infra red karena bluetoothdapat di gunakan pada jarak yang cukup jauh bahkan bisa mencapai1kilometer dan tidak terpengaruh oleh halangan halangan.

Sumber : kikil.org