"TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA "HIDUP BLOGGER" ....... Informasi, artikel dan berita dalam blog ini saya ambil dari berbagai sumber : blogger, wordpress dan website

Membuat Flowchart

Anda bisa membuat sendiri flowchart yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari toolbar Drawing, klik AutoShapes, arahkan ke Flowchart, kemudian klik shape yang Anda inginkan. (Anda bisa melihat deskripsi bentuk tersebut dengan menahan pointer di atasnya.)

Klik di tempat yang akan Anda letakkan bentuk flowchart. Bila ingin menambahkan bentuk lainnya ke flowchart, ulangi langkah-langkah tadi, kemudian susunlah dalam urutan yang Anda inginkan.

Masukkan teks ke bentuk-bentuk tadi. Klik-kanan bentuk tersebut, klik Add text, dan mulailah menulis. Bila teksnya terlalu panjang, atau ukuran font terlalu besar untuk bentuk itu, Anda bisa mengubah ukuran bentuk tadi dengan mengklik dan menyeret pengukurnya sehingga lebih besar, atau memperkecil font dengan menyorot teks dan memilih ukuran yang lebih kecil di kotak Font Size.

Di Word 2002 dan Word 2003, Anda bisa mencentang Resize AutoShape to fit text agar bentuk otomatis menyesuaikan ukurannya ketika ukuran font berubah. (Jika Anda tidak bisa menambahkan teks ke garis atau konektor; gunakan kotak teks untuk meletakkan teks di dekat atau pada drawing object ini.)

Sekarang beri konektor antar bentuk tersebut. Di toolbar Drawing, klik AutoShapes, arahkan ke Connectors, kemudian klik garis konektor yang Anda inginkan. Klik koneksi pertama yang Anda inginkan, arahkan ke bentuk lain, lalu klik koneksi kedua. Pengunci konektor akan menjaga bentuk-bentuk tersebut tetap terhubung walaupun Anda memindahkan bentuk tersebut ke tempat lain.

Bila mau, Anda bisa mengubah gaya garis atau memberi warna untuk konektor. Sorot saja garis atau konektor yang hendak Anda ubah.

Untuk mengubah warna, kembalilah ke toolbar Drawing, klik panah di sisi Line Color. Anda bisa mengubah warnanya ke default dengan mengklik Automatic, atau mengubahnya ke warna lain dengan mengklik salah satu warna yang ada di bawah Automatic.

Pengubahan gaya (style) garis atau konektor juga dilakukan dari toolbar Drawing; klik saja Line Style. Klik gaya yang Anda inginkan; atau klik More Lines dan pilih salah satu gaya.

Word juga memungkinkan Anda memangkas teks di sekeliling bentuk. Pastikan bentuk itu tidak dalam kondisi Grouped, dan soroti. Dari menu Format, klik AutoShape dan buka tab Layout. Pilih wrapping style yang ingin Anda berlakukan.

Catatan: Di Word 2002 dan Word 2003, opsi untuk memilih wrapping style hanya ada bila AutoShape diletakkan dalam dokumen tanpa berada dalam drawing canvas. Untuk mencegah Word otomatis meletakkan AutoShapes di drawing canvas, hilangkan centang pada kotak Automatically create drawing canvas when inserting AutoShapes di tab General kotak dialog Options (menu Tools).

sumber : ilmukomputer.com